Cara Memperoleh Kontra Bank Garansi

Cara Memperoleh Kontra Bank Garansi
Cara Memperoleh Kontra Bank Garansi
Bagaimana cara mendapatkan Kontra Bank Garansi?

Perusahaan perlu mendapatkan dukungan dari perusahaan asuransi dan bank secara bersamaan. Sayangnya tidak mudah untuk mendapatkan "pasangan" bank dan asuransi yang cocok. Ada asuransi yang mau, tapi bank tidak bersedia. Sebaliknya ada bank yang mau tapi asuransi tidak bersedia. Memang tidak mudah untuk mendapatkan kombinasi dua lembaga keuangan yang berbeda itu.

Persyaratan yang diperlukan hampir sama dengan yang diperlukan ketika memasukkan penawaran tender proyek. Berupa data-data perusahaan (company profile). Mulai dari akte pendirian, segala surat izin, keterangan mengenai pemilik dan pemegang saham, pengalaman kerja, laporan keuangan, kontrak dan lain-lain. Kalau data-data sudah tersedia siapa yang harus dihubungi? Tenang. Tunggu penjelasan berikutnya.

Cara Memperoleh Kontra Bank Garansi

Dalam proses penerbitan Kontra Garansi Bank, Principal menghubungi Surety Company dengan melengkapi dokumen-dokumen standard proyek dan data Principal sebagaimana proses penerbitan Surety Bond. 

Mengisi Formulir Permohonan simas kontra bank garansi sambil menyertakan dokumen-dokumen:
  1. Company Profile
  2. Copy akte Perusahaan dan perubahannya (bila ada).
  3. Laporan keuangan 2 (dua) tahun terakhir yang sudah diaudit, kecuali bagi Perusahaan baru.
  4. Daftar pekerjaan-pekerjaan yang sedang dalam pelaksanaan.
  5. Daftar pekerjaan-pekerjaan yang telah diselesaikan.
  6. Struktur Organisasi dan daftar personalia.
  7. Copy Surat Izin Usaha (SIUP, SIUJK).
  8. Daftar peralatan yang dimiliki.
  9. Undangan tender (bagi Pemohon Jaminan Tender).
  10. Surat Penunjukan Pemenang dan Kontrak atau Surat Perintah Kerja SPK (bagi Pemohon Jaminan Pelaksanaan).
  11. Surat Perjanjian Pemborong atau kontrak (bagi Pemohon Jaminan Uang Muka).
  12. Berita acara serah terima pekerjaan I (bagi Pemohon Jaminan Pemeliharaan).
  13. Surat Perjanjian Ganti Rugi/Indemnity Letter (formulir dari PT. Asuransi Sinar Mas) yang telah ditandatangani dan disahkan di hadapan Notaris.


Selanjutnya Surety Company akan melakukan verifikasi dan analisa data. Apabila diperlukan akan dilakukan pula survey ke lokasi Principal maupun proyek yang akan dikerjakan.

Selanjutnya berdasarkan verifikasi dan survey tersebut akan dilakukan analisa 5C (Character, Capacity, Capital, Condition, Collateral). Hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa Kontra Garansi Bank merupakan unconditional bond atau jaminan tanpa syarat, dimana Surety Company harus membayar kerugian yang diajukan oleh Bank Penerbit Garansi Bank atas pencairan yang diajukan oleh Obligee kepada Bank sebagai akibat dari wanprestasi Principal kepada Obligee. Dengan demikian harus dipastikan bahwa Principal memiliki good performance serta proyek yang dikerjakan adalah layak. Itupun harus didukung pula oleh indemnity agreement to surety yang ditanda tangani oleh Principal.

Setelah Surety Company menyetujui untuk menjamin Principal, selanjutnya direkomendasikan kepada Bank agar dapat diterbitkan Garansi Bank yang nantinya akan diserahkan ke Obligee. Berdasarkan penerbitan Garansi Bank tersebut kemudian Surety Company menerbitkan Kontra Garansi Bank yang selanjutnya diserahkan kepada Bank.




Cara Memperoleh Kontra Bank Garansi
segera hubungi kami:
call-sms wa
0878-3987-2358
email: sinarmasindonesia@gmail.com
WhatsApp 08562863962